Selamat Datang, di Web SMK Negeri 1 Laguboti

1/25/2010

Sekolah Masa Depan



Sekolah Masa Depan.
Tulisan ini ditulis berdasarkan predeksi dan khayalan saya sebagai seorang guru.
Walaupun sebenarnya saya bukanlah termasuk golongan orang pintar. He e e e.

Sekolah Masa Depan. Dengan perkembangan teknologi yang semakin melejit, tentu akan sangat mempengaruhi perkembangan zaman.
Hal ini tentu saja berpengaruh pula pada sistem pendidikan kita. Sistem pendidikan kita (PBM)sekarang masih berjalan di kelas. Ada yang CBSA (Catat Pembelajaran Sampai Abis) dengan media kapur, inilah sistem yang sangat tradisional. Kemudian berkembang dengan pembelajaran dengan bantuan OHP, berkembang lagi dengan menggunakan LCD Proyektor. Dengan pembelajaran yang saya sebutkan paling akhir inipun, para guru masih banyak yang mengalami kesulitan diantaranya ada guru yang masih belum bisa mengoperasikan komputer apalagi mengoperasikan LCD proyektor.

Perkembangan selanjutnya adalah pembelajaran dengan menggunakan media CD interaktif. Ini siswa dituntut untuk selalu aktif membuka CD pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Dipihak lain sekolah harus menyediakan sarana yang komplit dalam hal ini komputer. Supaya pembelajaran ini bisa berjalan dengan sukses dan berhasil, maka seharusnya setiap siswa menggunakan satu komputer. Permasalahannya adalah tidak semua sekolah bisa menyediakan komputer untuk keperluan ini. Kalau saran saya ya . . . . setiap siswa disuruh membeli komputer (laptop) sendiri. Kalau orang Tuanya mampu, tentu ini akan sangat membebankan orang tua siswa.
Tetapi saya yakin dengan tekat pemerintah, yang mana sekarang SMK sangat diperhatikan. Dengan banyaknya dana yang bergulir pada sekolah SMK. Dilain pihak, guru harus bisa membuat sendiri CD interaktif pembelajaran apa yang diajarkan.

Anda sudah bisa?

Saya sebagai guru KKPI sudah berusaha untuk membuatnya. Ya Alhamdulillah bisa, setelah saya uji coba ke siswa ternyata para siswa sangat antusias untuk mencoba; terutama pada menu preetest dan ujian. Disini hasil preetest dan ujian akan menampilkan scor dan nilai secara otomatis setelah soal terakhir. Kalau anda mau belajar membuat hubungi saya, tapi nggak janji ya? soalnya saya baru belajar juga.

Lalu bagaimana perkembangan selanjutnya?
Perkembangan selanjutnya adalah pembelajaran menggunakan LMS (Learning Management System). System ini ada yang bisa dipergunakan secara intranet atau internet (online). Intranet adalah LMS yang dibuat di server lokal dan hanya bisa diakses oleh lokal. ini juga sudah penulis coba dan berhasil dengan menggunakan Dokeos. Sementara yang menggunakan LMS online baru penulis coba di SMK Negeri 1 Laguboti serta elearning KKPI dan masih dalam tahap belajar dan ujicoba.
Dengan pembelajaran LMS (learning Management System) ini tentu akan sangat berguna bagi siswa. Karena disamping bisa diakses di sekolah bisa juga diakses di luar sekolah karena sudah online.

Inilah yang nantinya akan menjadi sistem pendidkan kita di masa mendatang. Tentu saja hal ini akan ada halangan dan hambatan, itu berasal dari guru, siswa dan sarana.

Penulis Drs. Winarna Herususila.
Hubungi saya winarna.herususila@ymail.com
Semoga bermanfaat. Amin.

Tidak ada komentar: